Selasa, 18 November 2014

Berlian Blue Moon

Berlian Yang Tersohor  Blue Moon Akan Dipamerkan


Blue Moon Diamond yang tersohor akan dipamerkan di sebuah museum sejarah di Los Angeles, Amerika Serikat. Berlian 12 karat ini termasuk dalam salah satu batu permata paling langka di dunia.

Berwarna biru tua dan sangat berkilau, berlian yang biasa disebut 'Blue Moon Diamond' ini ditemukan di pertambangan Cullinan, Pretoria, Afrika Selatan.

"Berlian biru yang sangat mewah tergolong sangat langka dan Blue Moon bukanlah pengecualian," terang direktur eksekutif Cora International, Suzette Gomes seperti dilansir AFP, Sabtu (13/9/2014).


Cora International merupakan perusahaan penyuplai berlian ternama di dunia, yang meminjamkan 'Blue Moon Diamond' untuk dipamerkan ke publik.

"Ini merupakan batu bersejarah, bahwa salah satu batu permata terlangka dengan warna seperti ini dan dalam ukuran ini bisa ditemukan di masa ini," imbuh Gomes.

Hanya sedikit berlian biru yang ada di dunia ini, termasuk berlian 'Heart of Eternity' yang bernilai US$ 16 juta atau setara Rp 189 miliar dan berlian 45 karat bernama 'Hope' yang ditaksir bernilai hingga US$ 350 juta atau setara Rp 4,1 triliun, meskipun disebut-sebut berlian tersebut dikutuk.

Nilai dari berlian 'Blue Moon' sendiri belum diketahui. Namun Gomes menyebutkan bahwa perusahaannya membeli batu berlian tersebut saat masih kasar dengan harga US$ 26 juta atau setara Rp 308 miliar. Dibutuhkan waktu hingga 6 bulan untuk memotongnya dari berlian 30 karat yang kasar menjadi berlian kecil yang indah.


Area pertambangan Cullinan yang ada di Pretoria, Afsel merupakan lokasi ditemukannya berlian 3.106 pada tahun 1905 silam. Berlian tersebut diberikan kepada Raja Edward VII dari Kerajaan Inggris. Berlian tersebut kemudian dipotong, di mana dua bagian utamanya dipasang pada mahkota Raja dan Ratu Inggris.


0 komentar:

Posting Komentar