Minggu, 14 Desember 2014

Museum Batu Permata


Museum Batu Mulia Di Myanmar Punya Giok Rp 18 Miliar


Bagi wisatawan penggemar batu perhiasan, museum batu mulia di Nay Pyi Taw, wajib untuk dikunjungi saat traveling ke Myanmar. Banyak koleksi batu mulia yang sangat mahal, termasuk giok imperial senilai Rp 18,6 miliar. Wow!

Myanmar memang terkenal sebagai penghasil batu mulia. Dua daerah yang menghasilkan giok itu wilayah Kachin dan Mogok.

Untuk melihat langsung kualitas batu perhiasan dari yang nomor satu hingga yang paling rendah, ada Gems Museum. Museum ini bertempat di Jalan Yaza Thingaha, Nay Pyi Taw. detikTravel menyambangi museum ini, Selasa (14/10/2014).


Tempat itu buka dari hari Selasa hingga Minggu, dari pukul 09.30 pagi sampai 16.30 sore. Biaya masuknya? Sebesar lima dollar AS (Rp 61 ribu) untuk turis asing.

Suguhan batu giok raksasa, seberat 150 kilogram, ada di sana. Selain itu, bongkahan batu safir yang diklaim sebagai yang terbesar di dunia juga ada di barang donasi yang menjadi koleksi museum di sana.

Emas, permata, ruby, batu kristal, bermacam-macam ukiran batu, ada di sana. Bahkan batu stupa dan juga perhiasan berbagai bentuk juga ada dalam museum itu.

Tapi larangan untuk mengambil foto dan merekam gambar dengan menjadi aturan yang ketat di sana, membuat detikTravel tak bisa mengabadikan koleksi museum. Bahkan saat masuk ke dalam, tas dan kamera SLR, harus dititipkan ke loker.

Sungguh sayang sekali. detikTravel mencoba menanyakan harga sebuah perhiasan liontin ruby dan nilai dari seluruh koleksi perhiasan di semua etalase dalam museum itu.

"Harganya sekitar 30-40 juta rupiah, tapi untuk nilai nominal seluruh museum, harganya priceless," jelas pemandu museum Gems.

Pantas saja jika dia menjawab seperti itu. Di museum ini terdapat satu bongkahan batu giok kelas imperial dengan harga 1,2 juta Euro alias Rp 18,6 miliar. Bukan main!

Andai tertarik untuk membeli giok sebagai oleh-oleh, Anda bisa menyambangi toko kerajinan yang ada di lantai dasar museum. Harganya berkisar antara USD 5-400 (Rp 61 ribu-4,9 juta) tergantung kualitasnya.



0 komentar:

Posting Komentar